Habis Ahok Terbitlah Joshua dan Ge Pamungkas



MUGENJIN.COM - Kasus Basuki Tjahja Purnama atau biasa disapa Ahok masih ingat di otak kita. Ia melakukan pelecehan agama di dengan mengatakan

"... Kan bisa saja dalam hati kecil, bapak, ibu enggak bisa pilih saya karena dibohongi (orang) dengan surat Al Maidah (ayat) 51 macam-macam itu. Itu hak bapak, ibu," katanya dalam rekaman video yang diunggah.

Melihat hal itu, Advokat Cinta Tanah Air melaporkan Ahok ke Badan Pengawas Pemilu DKI Jakarta tanggal 27 September lalu karena gubernur petahana dianggap tidak bisa manafsirkan Al Maidah karena non-Muslim. Kemudian terjadi berbagai peristiwa dalam ingatan kita, seperti Aksi Bela Quran 411, Aksi Bela Quran 212, hingga puncaknya Ahok ditangkap dan dijebloskan ke penjara dengan masa tahanan 2 tahun.

Belajar dari kasus Ahok seharusnya tidak ada yang melakukan pelecehan agama, apalagi melakukan candaan. Kini Joshua dan Ge Pamungkas bukan belajar dari kasus tersebut malah melakukan candaan dalam stand up komedinya.

Dalam lawakannnya, Joshua menjelaskan, "mengapa

Dalam materi lawakannya, Joshua menjelaskan mengapa Anisa lebih terkenal ketimbang Cherrybelle. "Semuanya Anisa, Anisa, Anisa ya, kan? Padahal skill-nya tipis-tipis, nyanyi tipis, nge-dance tipis, cantik relatif, ya kan? Gue mikir kenapa Anisa selalu unggul dari pada Cherly, ah sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam," tuturnya dalam video tersebut.

Mendengar perkataan Joshua, sontak penonton yang hadir tertawa. Salah satu komika yang juga berada di sana langsung berseru, "Allahu Akbar!".

 "Karena di Indonesia ini ada satu hal yang dengan hal sebesar apapun, mayoritas," sambungnya Joshua.

Komika selain Joshua, Ge Pamungka juga melakukan hal yang sama. Saat itu ia membahas banjir Jakarta.
 "Dulu nih, Jakarta banjir. Apa coba itu, weh, netizen itu, ini gara-gara (Ahok). Giliran banjir yang terjadi saat ini, ini adalah cobaan dari Allah SWT," ujarnya.  Ge pun mengutip sebuah ayat yang berbunyi, "'Sesungguhnya Allah memberikan cobaan terhadap hamba yang dicintaNya'. Cintai apaan?" ujarnya.

Lawakan yang dibawa Joshua Suherman dan Ge Pamungkas membuat warga dunia maya mengkritik mereka. Hal ini dikarenakan keduanya dianggap telah melecehkan agama Islam.

Buntut candaan keduanya, mereka akan dilaporkan oleh Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) ke Bareskrim Mabes Polri, hari ini Selasa (9/1/2018).

Pelaporan tersebut diduga adanya unsur penghinaan agama islam saat mereka melakukan stand up comedy.

Ketua FUIB, Rahmat Himran, mengatakan bahwa pelaporan berdasarkan sebuah video yang beredar di beberapa media sosial, khususnya di Youtube.

“Kami sudah menyiapkan barang bukti yang akan kami laporkan," katanya Senin (8/1/2018).

Ge Pamungkas sempat klarifikasi di akun Instagramnya menurutnya ia tidak merasa menghina Alloh SWT, melainkan sifat manusia.

"Assalamualaikum Wr. Wb. Min, mau saya jelaskan, bahwa konteks dari omongan saya tentunya tidak menghina Allah SWT, melainkan sifat manusia yang masih double standard dalam melihat agama/ras orang yang dianutnya," tulisnya.

Ia melanjutkan, menghina agama, ras, dan adat istiadat bukanlah gaya Ge Pamungkas dalam menghibur penonton.

"jadi saya sangat amat sadar bahwa saya tidak mungkin menghina/menyentuh ranah itu, terlebih lagi menghina Sang Khalik, Allah SWT," lanjutnya.

Mungkin ada beberapa part dari awal acara yang tidak terlihat/terpotong, kata Ge, sehingga dapat menimbulkan salah tafsir.

"Atau mungkin juga cara komunikasi saya yang salah dan syukur alhamdulillah saya masih ditegur oleh Allah SWT melalui mimin," tambahnya.

Oleh karena itu, kata dia, apabila masih kurang berkenan, Ge bersedia untuk bertemu, tabayyun, supaya penjelasannya lebih dapat dimengerti.

"Sudah tugas seorang Muslim dan Muslimah untuk saling mengingatkan. Saya dari lubuk hati yang paling dalam ingin berterumakasih sudah diingatkan. Syukron, Allah Yubarik Fik, wassalamualaikum wr.wb," tulis Ghe Pamungkas.

Bagaimana kelanjutannya? Semoga kasus-kasus tersebut menjadi pelajaran kita semua.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar